AsKep Anak Kebutuhan Khusus Tuna Grahita


Padan kata Tuna Grahita
  • Lemah pikiran (Feeble Minded)
  • Terbelakang mental (Mentally Retarded)
  • Bodoh atau dungu (Idiot)
  • Pandir (Imbecile)
  • Tolol (Moron)
  • Oligofrenia (Oligophrenia)
  • Mampu Didik (Educable)
  • Mampu Latih (Trainable)
  • Ketergantungan penuh (Totally Dependent) atau butuh rawat
  • Mental Subnormal
  • Defisit Mental
  • Defisit Kognitif
  • Cacat Mental
  • Defisiensi Mental
  • Gangguan Intelektual

Definisi
  • Tuna grahita adalah keadaaan keterbelakangan mental, keadaan ini dikenal juga retardasi mental (mental retardation).
  • Tuna grahita menurut American Asociation on Mental Deficiency/AAMD dalam B3PTKSM, (p. 20) yang meliputi fungsi intelektual umum di bawah rata-rata (Sub-average), yaitu IQ 84 ke bawah berdasarkan tes; yang muncul sebelum usia 16 tahun; yang menunjukkan hambatan dalam perilaku adaptif.
  • Tuna grahita menurut Japan League for Mentally Retarded (1992: p.22) dalam B3PTKSM (p. 20-22) adalah Fungsi intelektualnya lamban, yaitu IQ kurang dari 70 berdasarkan tes inteligensi baku. Kekurangan dalam perilaku adaptif. Terjadi pada masa perkembangan, yaitu antara masa konsepsi hingga usia 18 tahun.

Etiologi
  • ORGANIC BRAIN INJURY
  • CULTURAL FAMILIAL
  • HEREDITARY INFLUENCES
  • PSYCHOLOGICAL DISTURBANCE

FAKTOR PENYEBAB (Sumber lain)
  • Keturunan
  • Gangguan Metabolisme Gizi (phenyl Ketonuria, Critinisme)
  • Infeksi & Keracunan(Rubella,syphilis bawaan, Syndrom Grafitri beracun, bayiPrematur)
  • Tauma(otak)
  • Zat Radio Aktif
  • Faktor Lingkungan
  • Masalah pada Kelahiran
  • Faktor X
  • Fetal alcoholiksyndrome
  • Lead poisoning
  • Viruses rubela
  • Gross brain disease
  • Cromosomalabnormality
  • Gestasionaldosorder
  • Retardation following psychiatric disorder
  • Environmental disorder
  • Faktor rhesus
  • Trauma(luka saat melahirkan, sesak nafas, kelahiran prematur, kecelakaan pada masa perkembangan)
  • Gangguan nutrisi (PKU=phenyl ketoruria), kretinisme,
  • Meningitis
  • Aborsi yang gagal

Manifestasi Klinis Tuna Grahita
  • Kurang mampu memusatkan perhatian
  • Cepat lupa
  • Kurang mengikuti petunjuk
  • Cenderung pemalu
  • Miskin pengalaman
  • Memerlukan tempo belajar yang lama
  • Mentah pertimbangan
  • Miskin perbendaharaan kata
  • Kurang orisinal dan kurang kreatif
  • Kurang inisiatif
  • Kurang koordinasi motorik
  • Kurang mampu memelihara kesehatan

CIRI KLINIS TUNA GRAHITA
  • Macro cephal
  • Micro cephal: terbelakang berat, CP, Paraplegia, Spastic Quadriplegia.
  • Hidro cephal:
  • Creatinisme: kerdil/kate (kebanyakan imbesil); mulut agak terbuka, kaki pendek & bengkok, hidung lebar/besar, mata agak berjauhan, leher pendek & besar, bibir dan lidah tebal, otot-otot kendor
  • Down Syndrome: bentuk kepala kecil ke atas, dahi rata, raut muka seperti ras mongol, kulit kering & kasar, lidah tebal & terbelah, badan pendek, daya tahan tubuh kurang, mata juling , mudah bergaul, baik hati, mudah meniru kata-kata dan irama.

KARAKTERISTIK TUNA GRAHITA (WHO & AAMD)
  • Tuna Grahita Ringan: 50-70
  • Tuna Grahita sedang: 30-50
  • Tuna Grahita Berat: Kurang dari 30

Klasifikasi Tuna Grahita
Untuk keperluan pembelajaran menurut
American Association on Mental Retardation dalam Special Education in Ontario Schools (p. 100):
  • TOTALLY DEPENDENT, IQ 00-24
  • TRAINABLE, IQ 25-49
  • EDUCABLE, IQ 50-79

KLASIFIKASI PSIKOLOGIS
  • PROFOUNDLY RETARDED, IQ 00-19
  • SEVERELY RETARDED, IQ 20-35
  • MODERATELY RETARDED, IQ 36-51
  • MILDLY RETARDED, IQ 52-67
  • BORDERLINE RETARDED, IQ 68-83

PERILAKU INTELIGEN
Seseorang yang dapat bertindak dengan :
  • Cepat: Waktunya singkat.
  • Tepat: Hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.
  • Mudah: Tanpa mengalami hambatan yang berarti.
Orang tersebut disebut “CAKAP”, dalam term psikologi disebut “BERPERILAKU INTELIGEN”

PENGELOMPOKAN KECAKAPAN
  • Superior: Mereka yg dapat bertindak jauh lebih cepat, tepat dan mudah dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya.
  • Normal: Mereka yg rata-rata pada umumnya dapat bertindak biasa saja kecepatannya, kemudahannya, seperti nampak pada sebagian anggota kelompok menurut batasan waktu dan tingkat kesukaran yang telah ditetapkan.
  • Sub Normal: Mereka bertindak jauh lebih lambat, jauh lebih banyak ketidaktepatan dan kesulitannya dibandingkan anggota kelompok.

KECAKAPAN
  • ACTUAL ABILITY: KECAKAPAN NYATA adalah suatu keadaan yang menunjukkan aspek kecakapan yg segera dpt didemonstrasikan dan diuji sekarang juga
  • POTENTIAL ABILITY: KECAKAPAN POTENSI adalah suatu keadaan yang menunjukkan kepada aspek kecakapan yang masih tersimpan

Inteligence Quotien
  • UKURAN KECERDASAN, HASIL PERBANDINGAN ANTARA MA dengan CA dikalikan100%
  • MA: MENUNJUKKAN KESANGGUPAN MENTAL SESEORANG YANG MEMPUNYAI UMUR KALENDER TERTENTU.
  • CA= CRONOLOGICAL AGE(UMUR KALENDER)
  • Anak Cerdas = MA > CA; CA < MA Normal = MA sama dengan CA; CA sama dengan CA. 
  • Sub Normal = MA < CA; CA > MA

Sumber:
Materi Kuliah : Pengantar Keperawatan Anak
Dosen: Tina Shinta

Post a Comment

Previous Post Next Post