AsKep Anak Kebutuhan Khusus Tuna Grahita
Padan kata Tuna Grahita
Definisi
Etiologi
FAKTOR PENYEBAB (Sumber lain)
Manifestasi Klinis Tuna Grahita
CIRI KLINIS TUNA GRAHITA
KARAKTERISTIK TUNA GRAHITA (WHO & AAMD)
Klasifikasi Tuna Grahita
Untuk keperluan pembelajaran menurut
American Association on Mental Retardation dalam Special Education in Ontario Schools (p. 100):
KLASIFIKASI PSIKOLOGIS
PERILAKU INTELIGEN
Seseorang yang dapat bertindak dengan :
PENGELOMPOKAN KECAKAPAN
KECAKAPAN
Inteligence Quotien
Sumber:
Materi Kuliah : Pengantar Keperawatan Anak
Dosen: Tina Shinta
Padan kata Tuna Grahita
- Lemah pikiran (Feeble Minded)
- Terbelakang mental (Mentally Retarded)
- Bodoh atau dungu (Idiot)
- Pandir (Imbecile)
- Tolol (Moron)
- Oligofrenia (Oligophrenia)
- Mampu Didik (Educable)
- Mampu Latih (Trainable)
- Ketergantungan penuh (Totally Dependent) atau butuh rawat
- Mental Subnormal
- Defisit Mental
- Defisit Kognitif
- Cacat Mental
- Defisiensi Mental
- Gangguan Intelektual
Definisi
- Tuna grahita adalah keadaaan keterbelakangan mental, keadaan ini dikenal juga retardasi mental (mental retardation).
- Tuna grahita menurut American Asociation on Mental Deficiency/AAMD dalam B3PTKSM, (p. 20) yang meliputi fungsi intelektual umum di bawah rata-rata (Sub-average), yaitu IQ 84 ke bawah berdasarkan tes; yang muncul sebelum usia 16 tahun; yang menunjukkan hambatan dalam perilaku adaptif.
- Tuna grahita menurut Japan League for Mentally Retarded (1992: p.22) dalam B3PTKSM (p. 20-22) adalah Fungsi intelektualnya lamban, yaitu IQ kurang dari 70 berdasarkan tes inteligensi baku. Kekurangan dalam perilaku adaptif. Terjadi pada masa perkembangan, yaitu antara masa konsepsi hingga usia 18 tahun.
Etiologi
- ORGANIC BRAIN INJURY
- CULTURAL FAMILIAL
- HEREDITARY INFLUENCES
- PSYCHOLOGICAL DISTURBANCE
FAKTOR PENYEBAB (Sumber lain)
- Keturunan
- Gangguan Metabolisme Gizi (phenyl Ketonuria, Critinisme)
- Infeksi & Keracunan(Rubella,syphilis bawaan, Syndrom Grafitri beracun, bayiPrematur)
- Tauma(otak)
- Zat Radio Aktif
- Faktor Lingkungan
- Masalah pada Kelahiran
- Faktor X
- Fetal alcoholiksyndrome
- Lead poisoning
- Viruses rubela
- Gross brain disease
- Cromosomalabnormality
- Gestasionaldosorder
- Retardation following psychiatric disorder
- Environmental disorder
- Faktor rhesus
- Trauma(luka saat melahirkan, sesak nafas, kelahiran prematur, kecelakaan pada masa perkembangan)
- Gangguan nutrisi (PKU=phenyl ketoruria), kretinisme,
- Meningitis
- Aborsi yang gagal
Manifestasi Klinis Tuna Grahita
- Kurang mampu memusatkan perhatian
- Cepat lupa
- Kurang mengikuti petunjuk
- Cenderung pemalu
- Miskin pengalaman
- Memerlukan tempo belajar yang lama
- Mentah pertimbangan
- Miskin perbendaharaan kata
- Kurang orisinal dan kurang kreatif
- Kurang inisiatif
- Kurang koordinasi motorik
- Kurang mampu memelihara kesehatan
CIRI KLINIS TUNA GRAHITA
- Macro cephal
- Micro cephal: terbelakang berat, CP, Paraplegia, Spastic Quadriplegia.
- Hidro cephal:
- Creatinisme: kerdil/kate (kebanyakan imbesil); mulut agak terbuka, kaki pendek & bengkok, hidung lebar/besar, mata agak berjauhan, leher pendek & besar, bibir dan lidah tebal, otot-otot kendor
- Down Syndrome: bentuk kepala kecil ke atas, dahi rata, raut muka seperti ras mongol, kulit kering & kasar, lidah tebal & terbelah, badan pendek, daya tahan tubuh kurang, mata juling , mudah bergaul, baik hati, mudah meniru kata-kata dan irama.
KARAKTERISTIK TUNA GRAHITA (WHO & AAMD)
- Tuna Grahita Ringan: 50-70
- Tuna Grahita sedang: 30-50
- Tuna Grahita Berat: Kurang dari 30
Klasifikasi Tuna Grahita
Untuk keperluan pembelajaran menurut
American Association on Mental Retardation dalam Special Education in Ontario Schools (p. 100):
- TOTALLY DEPENDENT, IQ 00-24
- TRAINABLE, IQ 25-49
- EDUCABLE, IQ 50-79
KLASIFIKASI PSIKOLOGIS
- PROFOUNDLY RETARDED, IQ 00-19
- SEVERELY RETARDED, IQ 20-35
- MODERATELY RETARDED, IQ 36-51
- MILDLY RETARDED, IQ 52-67
- BORDERLINE RETARDED, IQ 68-83
PERILAKU INTELIGEN
Seseorang yang dapat bertindak dengan :
- Cepat: Waktunya singkat.
- Tepat: Hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.
- Mudah: Tanpa mengalami hambatan yang berarti.
PENGELOMPOKAN KECAKAPAN
- Superior: Mereka yg dapat bertindak jauh lebih cepat, tepat dan mudah dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya.
- Normal: Mereka yg rata-rata pada umumnya dapat bertindak biasa saja kecepatannya, kemudahannya, seperti nampak pada sebagian anggota kelompok menurut batasan waktu dan tingkat kesukaran yang telah ditetapkan.
- Sub Normal: Mereka bertindak jauh lebih lambat, jauh lebih banyak ketidaktepatan dan kesulitannya dibandingkan anggota kelompok.
KECAKAPAN
- ACTUAL ABILITY: KECAKAPAN NYATA adalah suatu keadaan yang menunjukkan aspek kecakapan yg segera dpt didemonstrasikan dan diuji sekarang juga
- POTENTIAL ABILITY: KECAKAPAN POTENSI adalah suatu keadaan yang menunjukkan kepada aspek kecakapan yang masih tersimpan
Inteligence Quotien
- UKURAN KECERDASAN, HASIL PERBANDINGAN ANTARA MA dengan CA dikalikan100%
- MA: MENUNJUKKAN KESANGGUPAN MENTAL SESEORANG YANG MEMPUNYAI UMUR KALENDER TERTENTU.
- CA= CRONOLOGICAL AGE(UMUR KALENDER)
- Anak Cerdas = MA > CA; CA < MA Normal = MA sama dengan CA; CA sama dengan CA.
- Sub Normal = MA < CA; CA > MA
Sumber:
Materi Kuliah : Pengantar Keperawatan Anak
Dosen: Tina Shinta
Post a Comment