Aplikasi Komukasi dalam Asuhan Keperawatan
Komunikasi dalam Organisasi.

Aplikasi Komukasi dalam Asuhan Keperawatan - Komunikasi dalam Organisasi

Proses manusiawi yang melibatkan hubungan interpersonal, yang didalamnya terdapat masalah. Komunikasi seperti susunan saraf pusat yang mengatur dan mengawasi proses manajemen.

Definisi
  • Tappen, menyatakan bahwa komunikasi adalah pertukaran pikiran, perasaan, pendapat dan pemberian nasehat yang terjadi antara 2 orang atau lebih yg bekerja sama.
  • Komunikasi jg merupakan seni utk dapat menyusun dan menghantarkan pesan dgn cara yg mudah shg orang lain mengerti dan menerima maksud dan tujuan pemberi pesan.

Diagram Proses Komunikasi (Marquis dan Husron)
Diagram Proses Komunikasi (Marquis dan Husron)

Model Komunikasi
  • Komunikasi tertulis
  • Komunikasi secara langsung -> tujuan assertiveness. Hal yg harus dihindari adalah pasif dan agresif.
  • Komunikasi nonverbal

Komunikasi tertulis/memo
  • Mengetahui apa yg ingin disampaikan sebelum memulai menulis
  • Menulis nama orang dalam tulisan perlu dipertimbangkan
  • Gunakan kata aktif.
  • Tulis kata yg sederhana, familiar, spesifik dan nyata
  • Gunakan seminimal mgkn kata2 yg tdk penting.
  • Tulis kalimat dibawah 20 kata, dan masukkan satu ide setiap kalimat. Tuliskan kalimat yg penting dan menjadi topik utama
  • Berikan pembaca petunjuk; konsistensi penggunaan istilah dan pesan.
  • Atur isi tulisan secara sistematis
  • Komunikasi dilakukan secara jelas dan fokus
  • Gunakan paragraf utk mempermudah pembaca; utk memo antara 8-10 baris dan utk surat tdk lebih dari 6 baris setiap paragaraf

Kunci komunikasi non verbal
  • Lingkungan
  • Penampilan
  • Kontak mata
  • Postur tubuh dan gesture
  • Ekspresi wajah
  • Suara: intonasi, volume dan refleksi
  • Manajer yg efektif akan melakukan komunikasi verbal dan non verbal

3 Prinsip
  • Ada 3 prinsip dasar untuk keberhasilan komunikasi:
  • Keberhasilan komunikasi mencakup pengirim, penerima dan media
  • Keberhasilan komunikasi dapat terjadi apabila berita yang dikirimkan dapat diterima
  • Keberhasilan manajer perawat dicapai, akan berhasil pula dalam komunikasi

Iklim komunikasi
  • Iklim komunikasi harus harmonis dengan kultur perusahaan dan harus dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai-nilai positif diantara pegawai-pegawai, termasuk nilai dari kualitas kemandirian, objektivitas dan pelayanan klien.
  • Komunikasi dimanfaatkan untuk mendukung misi dan pandangan organisasi.

Aplikasi Komunikasi dalam Askep (Asuhan Keperawatan)
  • Komunikasi saat timbang terima
  • Interview/anamnesis
  • Komunikasi melalui komputer
  • Komunikasi tentang kerahasiaan
  • Komunikasi melalui sentuhan
  • Dokumentasi sebagai alat komunikasi
  • Komunikasi perawat dan tim kesehatan lain

Manfaat komunikasi dalam pendokumentasiaan
  • Dapat digunakan ulang utk keperluan yang bermanfaat
  • Mengkomunikasikan kepada tenaga perawat lainnya dan tenaga kesehatan apa yg sudah dilakukan, dan akan dilakukan kepada pasien
  • Manfaat dan data pasien yg akurat dan dapat dicatat

Prinsip Komunikasi interview
  • Hindari komunikasi yg terlalu formal atau tidak tepat. Ciptakan suasana yg hangat dan kekeluargaan.
  • Hindari interupsi.
  • Hindari berespon dengan hanya “ya” dan “tidak”
  • Jangan memonopoli pembicaraan
  • Hindari hambatan interpersonal -> subyektifitas

Sumber:
Materi Kuliah : Manajemen Keperawatan
Dosen : Tina Shinta

Post a Comment

Previous Post Next Post